PENGERTIAN
JASA
Secara umum, jasa adalah pemberian suatu kinerja
atau tindakan tak kasar mata dan satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya
jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan, dimana interaksi antara
pemberi jasa dan penerima jasa mempengaruhi hasil jasa tersebut. Dalam pengertian yang lain, jasa adalah kegiatan
yang dapat diidentifikasikan, yang bersifat tak teraba, yang direncanakan untuk
pemenuhan kepuasan konsumen. Untuk menghasilkan jasa mungkin perlu atau mungkin
juga tidak perlu penggunaan barang yang berwujud. Walaupun diperlukan barang
berwujud, akan tetapi tidak terdapat pemindahan hak milik atas benda tersebut.
Norman (1984) juga memberikan pengertian
jasa yaitu jasa terdiri dari tindakan dan interaksi yang merupakan
kontak sosial. Jasa lebih dan sekadar hasil sesuatu yang tak terhalang, dan
jasa merupakan interaksi sosial antara
produsen dan konsumen.
Jasa
dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang diproduksi dan dikonsumsi secara
simultan. Jadi, jasa tidak pernah ada dan hasilnya dapat dilihat setelah
terjadi. Misalnya: bila potong rambut, jasa dikonsumsi ketika diproduksi,
tetapi hasil jasa tampak dan akan berakhir beberapa waktu. Keserentakan
produksi dan konsumsi merupakan perbedaan yang penting. Jasa tidak dapat diproduksi
disatu tempat dan dikirim ke tempat lain seperti barang, juga tidak dapat
disimpan. Semua karakteristik ini dapat dihubungkan dengan keserentakan produksi dan konsumsi.
Karakteristik
Jasa
Seringkali dikatakan bahwa jasa memiliki
karakteristik unik yang membedakannya dari barang atau produk-produk
manufaktur. Empat karakteristik yang paling sering dijumpai dalam jasa dan
pembeda dari barang pada umumnya adalah (Payne, 2001:9).
1.
Tidak berwujud
Jasa bersifat
abstrak dan tidak berwujud, berarti jasa tidak dapat dilihat, dirasakan,
dicicipi atau disentuh seperti yang dapat dirasakan dari suatu barang.
2.
Heteregonitas
Jasa merupakan
variabel non-standar dan sangat bervariasi. Artinya, karena jasa itu berupa
suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh
satu orang. Hal ini dikarenakan oleh interaksi manusia (karyawan dan konsumen)
dengan segala perbedaan harapan dan persepsi yang menyertai interaksi tersebut.
3.
Tidak dapat
dipisahkan
Jasa umumnya
dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan partisipasi konsumen
dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada ditempat jasa yang
dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam proses
produksi tersebut.
4.
Tidak tahan
lama
Jasa tidak mungkin
disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual kembali
kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa dimana ia membeli
jasa.
Bisnis
Jasa
Contoh dari bisnis
jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah:
1.
Bisnis jasa: konsultan, keuangan,
perbankan.
2.
Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan
dan perbaikan.
3.
Jasa infrastruktur: komunikasi,
transportasi.
4.
Jasa personal/sosial: restoran,
perawatan kesehatan.
5.
Administrasi umum: pendidikan,
pemerintah.
Jenis-Jenis
Jasa
Jenis-jenis jasa
secara garis besar yang dibutuhkan manusia bisa diklasifikasikan atas beberapa
macam, yakni:
1. Perumahan
(termasuk sewa kamar hotel, motel, apartemen/rumah flat, usaha tani, dan lain-lain).
2. Usaha rumah
tangga
(termasuk air minum, perbaikan rumah, reparasi alat rumah tangga, perawatan
kebun, pembersihan, dan lain-lain).
3. Rekreasi dan
kesukaan
(penyewaan dan separasi peralatan untuk ikut serta dalam kegiatan rekreasi dan
hiburan, juga izin memasuki gelanggang hiburan, rekreasi dan kesenangan dan
lain-lain).
4. Perawatan
pribadi
(binatu pakaian, dan perawatan kecantikan).
5. Perawatan medis dan kesehatan (perawatan
gigi, perawatan sakit opname dirumah sakit, dan periksa dokter).
6. Pendidikan privat dan kursus-kursus.
7. Jasa bisnis
dan profesi lainnya (jasa hukum, akuntan, konsultansi
manajemen, dan jasa komputer).
8. Asuransi,
bank, dan jasa finansial lainnya (asuransi pribadi dan
bisnis, jasa kredit dan pinjaman, konsultasi investasi, dan pajak).
9. Transportasi (jasa
angkutan barang dan penumpang, reparasi, dan penyewaan mobil).
10. Komunikasi (telepon,
telegram, dan komputer).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar