PENGERTIAN
SISTEM INFORMASI
Sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang
terkoneksi dan berkolaborasi untuk suatu tujuan tertentu. Adapun informasi
adalah data-data yang diolah sehingga memiliki nilai tambah dan lebih bermanfaat
bagi pengguna. Sistem informasi merupakan penggabungan dari sistem dan
informasi, dengan demikian bisa didefinisikan bahwa sistem informasi adalah
kumpulan dari sub-sub sistem yang saling terintegrassi dan berkolaborasi untuk
menyelesaikan masalah tertentu dengan cara mengolah data dengan alat yang namanya
komputer sehingga memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi pengguna. Selain
definisi sistem informasi diatas, disini disebutkan definisi-definisi yang
telah ditulis oleh para ahli diantaranya:
Alter (1992) dalam Abdul Kadir (2003) Sistem
Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan
teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah
organisasi.
Bodnar dan Hopwood (1993) dalam Abdul Kadir (2003)
sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang
dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
Rudi Tantra (2012) Sistem informasi adalah cara yang
terorganisir untuk mengumpulkan, memasukkan dan memproses data dan
menyimpannya, mengelola, mengontrol, dan melaporkannya sehingga dapat mendukung
perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan.
Turban, McLean dan Wetherbe (1999) menjelaskan
sistem informasi merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses,
menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
Komponen
Sistem Infomasi
Komponen-komponen sistem informasi merupakan sub-sub
sistem yang berada didalam sistem informasi itu sendiri, komponen ini bisa
dilihat dari dua sisi yaitu sistem informasi manual dan sistem informasi berbasis
komputer.
Komponen sistem informasi manual adalah sebuah
sistem informasi yang cara pemrosesannya masih manual, tanpa menggunakan alat
yang namanya komputer atau alat elektronik lainnya.
Pada zaman yang semakin global ini segala sesuatu
membutuhkan kecepatan, keakuratan dan efesiensi maka dari itu seluruh proses
bisnis didunia mulai meninggalkan sistem informasi manual dan berpindah dengan
menggunakan sistem informasi komputerisasi.
Pengelola
Sistem Informasi
Pada masa awal penggunaan komputer, banyak
perusahaan membentuk unit organisasi tersendiri yang terdiri dari para
spesialis yang bertanggung jawab untuk menerapkan sistem informasi. Namun
kecendrungan yang terjadi saat ini bagian sistem informasi merupakan sebuah
unit yang berada dalam sebuah organisasi.
Spesialis informasi menggambarkan pegawai perusahaan
yang bertanggung jawab penuh untuk mengembangkan dan memelihara sistem
informasi berbasis komputer. Spesialis informasi digolongkan menjadi lima macam
yaitu analis sistem, pengelola basis data, spesialis jaringan, pemrograman dan
operator.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar