Kamis, 09 Maret 2017

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI
Sistem adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang terkoneksi dan berkolaborasi untuk suatu tujuan tertentu. Adapun informasi adalah data-data yang diolah sehingga memiliki nilai tambah dan lebih bermanfaat bagi pengguna. Sistem informasi merupakan penggabungan dari sistem dan informasi, dengan demikian bisa didefinisikan bahwa sistem informasi adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang saling terintegrassi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah tertentu dengan cara mengolah data dengan alat yang namanya komputer sehingga memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi pengguna. Selain definisi sistem informasi diatas, disini disebutkan definisi-definisi yang telah ditulis oleh para ahli diantaranya:
Alter (1992) dalam Abdul Kadir (2003) Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.
Bodnar dan Hopwood (1993) dalam Abdul Kadir (2003) sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
Rudi Tantra (2012) Sistem informasi adalah cara yang terorganisir untuk mengumpulkan, memasukkan dan memproses data dan menyimpannya, mengelola, mengontrol, dan melaporkannya sehingga dapat mendukung perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan.
Turban, McLean dan Wetherbe (1999) menjelaskan sistem informasi merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

Komponen Sistem Infomasi
Komponen-komponen sistem informasi merupakan sub-sub sistem yang berada didalam sistem informasi itu sendiri, komponen ini bisa dilihat dari dua sisi yaitu sistem informasi manual dan sistem informasi berbasis komputer.
Komponen sistem informasi manual adalah sebuah sistem informasi yang cara pemrosesannya masih manual, tanpa menggunakan alat yang namanya komputer atau alat elektronik lainnya.
Pada zaman yang semakin global ini segala sesuatu membutuhkan kecepatan, keakuratan dan efesiensi maka dari itu seluruh proses bisnis didunia mulai meninggalkan sistem informasi manual dan berpindah dengan menggunakan sistem informasi komputerisasi.

Pengelola Sistem Informasi
Pada masa awal penggunaan komputer, banyak perusahaan membentuk unit organisasi tersendiri yang terdiri dari para spesialis yang bertanggung jawab untuk menerapkan sistem informasi. Namun kecendrungan yang terjadi saat ini bagian sistem informasi merupakan sebuah unit yang berada dalam sebuah organisasi.

Spesialis informasi menggambarkan pegawai perusahaan yang bertanggung jawab penuh untuk mengembangkan dan memelihara sistem informasi berbasis komputer. Spesialis informasi digolongkan menjadi lima macam yaitu analis sistem, pengelola basis data, spesialis jaringan, pemrograman dan operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar